Rabu, 24 Oktober 2007

Sutiyoso Ajak Sri Sultan Bersaing dalam Pilpres

[Media Indonesia] -Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengajak Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk sama-sama maju dalam pencalonan presiden pada pemilihan presiden 2009 mendatang.

Ajakan Sutiyoso disampaikan di sela-sela pertemuan Gubernur se-Indonesia, di Surabaya, Senin malam (22/10). "Buat Sri Sultan gak usah ragu untuk maju bersama biar makin ramai," kata Sutiyoso. Sri Sultan yang hadir dalam acara tersebut hanya bisa tertawa.

Dalam kesempatan itu, Sutiyoso tetap melajutkan tekadnya dalam bursa calon Presiden pada pemilu 2009 mendatang. Bahkan, untuk memuluskan ambisi tersebut, Sutiyoso tidak akan masuk melalui jalur perorangan atau independen.

"Saya tetap optimistis dengan pencalonan ini, dan tidak akan melalui jalur perorangan," kata Sutiyoso kepada wartawan. Tekad Sutiyoso bersaing dalam capres karena banyak parpol yang memberikan dukungan. Namun Sutiyoso enggan menyebutkan parpol yang telah memberikan dukungan.

Selain itu, katanya, pengalaman sebagai gubernur DKI Jakarta menjadi modal berharga untuk maju dalam pencalonan presiden. "Ini modal saya untuk bisa menjadi pemimpin di negeri ini," katanya.

Sutiyoso mencontohkan pengalaman di beberapa negara seperti Turki dan di Amerika, mereka yang menjadi presiden adalah mantan gubernur. Artinya, kata Sutiyoso, peluang itu sangat terbuka.

Tetapi Sutiyoso kembali menegaskan bahwa dirinya tidak akan maju melalui calon independen dengan alasan, aturan boleh tidaknya calon independen dalam pilpres nanti masih mengambang. Selain itu, ia pesimistis calon dari jalur tersebut bisa bersaing memperebutkan suara pemilih. "Saya tetap akan maju melalui parpol, bukan independen," tegasnya. (Rabu : 23/10/2007)

Tidak ada komentar: