Kamis, 04 Oktober 2007

Presiden: Makin Banyak Capres, Makin Banyak Pilihan Rakyat

[Presiden Ri] - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai positif munculnya calon-calon presiden belakangan ini, meskipun Pilpres sendiri masih berlangsung dua tahun lagi. Kepada wartawan usai berbuka puasa bersama di Istana Negara hari Kamis (4/10) petang, Presiden SBY mengatakan, “Tanggapan saya terhadap mulai munculnya, katakanlah, calon-calon presiden untuk tahun 2009 yang saya ikuti dimulai dari pernyataan Ibu Megawati sampai yang terakhir Pak Sutiyoso itu, bagi saya positif, bagus. Karena itulah demokrasi yang makin mekar. Kalau kita berpikir positif, makin banyak calon, maka makin banyak pilihan rakyat. Pada saatnya nanti rakyat tentu akan memilih yang menurut mereka tepat untuk memimpin negeri kita tahun 2009 mendatang. Jadi itu tanggapan pertama saya terhadap mulai munculnya calon-calon Presiden untuk tahun 2009,” kata Presiden.

Ditanya wartawan mengenai pernyataan Jusuf Kalla yang menyatakan akan mencalonkan Presiden tanpa SBY, SBY menyatakan bahwa hal tersebut tidak mengganggunya. “ Tidak. Beliau Ketua Umum Golkar. Bacaan saya, tentu beliau harus melakukan komunikasi dengan Golkar, dengan keluarga besarnya, tentang proyeksi politik tahun 2009. Hubungan saya dengan Pak Jusuf Kalla tetap baik, dan tentunya menjadi kewajiban saya dan Pak Jusuf Kalla untuk lebih mencurahkan pikiran waktu dan tenaga kami berdua untuk menjalankan tugas. Jadi saya membacanya seperti itu," kata SBY.

Ditanya mengenai pencalonan Sutiyoso, Presiden SBY mengatakan bahwa itu hak politik Sutiyoso. “Itu hak politik Pak Sutiyoso, harus saya hormati, harus kita hormati. Kalau saya diminta memberikan komentar sekarang, tidak tepat. Pak Sutiyoso ini masih Gubernur Jakarta, saya masih Presiden. Tidak etis saya memberikan komentar kepada Pak Sutiyoso yang sekarang sedang menjabat sebagai Gubernur. Tetapi kalau pencalonan beliau dalam kerangka demokrasi, harus kita hormati," jawab SBY. [Kamis, 4 Oktober 2007]

Tidak ada komentar: