Rabu, 03 Oktober 2007

Bang Yos Ingin Berpolitik secara Santun

[BERITA JAKARTA] - Politik selalu diidentikan sebagai upaya memperoleh kekuasan dengan menghalalkan segala cara asalkan tujuan tercapai meski itu harus mengorbankan rakyat kecil yang tidak berdosa. Namun tidak dengan kiprah politik yang akan dijalani Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 7 Oktober mendatang. Hal itu dibuktikan Bang Yos-sapaan akrab Sutiyoso- saat mendeklarasikan diri sebagai calon presiden (capres) 2009 kemarin di salah satu hotel berbintang di kawasan kuningan Jakarta Selatan.

Saat Deklarasi tersebut, Bang Yos meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menilai kemampuan dan kredibiltas dirinya selama 1,5 tahun ke depan apakah dia memang layak untuk menjadi capres atau tidak. Dan kemudian saat ditanya wartawan hari ini (Selasa, 2/10) di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, kembali pria kelahiran 6 Desember 1944 ini menegaskan, bahwa dirinya ingin berpolitik secara elegan.

“Saya hanya ingin berpolitik secara santun artinya karena masih menjabat Gubernur DKI Jakarta maka selama setahun ini, saya hanya menampung aspirasi dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat agar saya mencalonkan diri sebagai calon presiden pada tahun 2009 mendatang,” jelas Sutiyoso kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (2/10).

Selama setahun ini, kata Sutiyoso, dirinya masih berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah di DKI Jakarta terutama yang berkaitan dengan kepentingan publik seperti penyelesaian proyek Banjir Kanal Timur, busway, monorel, subway, pembangunan rumah susun, pendidikan dan kesehatan gratis bagi keluaraga miskin di ibu kota.

Dan menjelang akhir masa jabatannya pada 7 Oktober 2007 mendatang, kata eks Pangdam Jaya ini sudah saatnya, dia merespon dukungan tersebut. “Setelah tanggal 7 Oktober, saya akan terjun ke politik secara total. Tapi saya juga akan terus melihat realitas politik yang ada di masyarakat, apakah dukungan kepada saya besar atau tidak,” jelas Sutiyoso.

“Saya pasti pada akhirnya akan mengambil keputusan apakah dukungan dari elemen masyarakat maupun partai politik itu apakah cukup sebagai persyaratan saya menjadi capres 2009,” tegas Sutiyoso yang juga menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini. Dan untuk memuluskan jalan menuju kursi RI-1 tersebut, Sutiyoso melakukan penjajagan terhadap partai politik (parpol) terutama partai menengah dan parpol kecil yang sebagian besar telah melakukan pendekatan sebelumnya. (*)