Selasa, 06 November 2007

Sutiyoso Semakin Mantap Menjadi Capres 2009

[Republika] - Langkah Sutiyoso atau Bang Yos mantan Gubenur DKI Jakarta untuk maju pada pertarungan Pemilihan Presiden RI periode 2009-2014 semakin mantap. Bang Yos yang hadir di Palembang melantik pengurus DPD Partai Kedaulatan Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (5/11) mengatakan, pengalamannya selama 29 tahun di TNI dan 10 tahun sebagai Gubernur DKI Jakarta serta mantan ketua Asosiasi Pemerintahan Provisni Seluruh Indonesia (APPSI) merupakan modal untuk maju dalam Pilpres 2009.

Kepada wartawan Bang Yos mengklaim telah mendapat dukungan dari 14 partai baru dan belasan partai kecil yang sudah eksis untuk maju sebagai calon presiden RI dalam pemilihan Presiden RI mendatang. Dukungan ke-14 partai baru itu sudah dapat dipastikan meskipun partai-partai baru belum diverifikasi untuk lolos dalam pemilihan umum legislatif 2009.

“Partai yang sudah menyatakan dukungan secara terbuka adalah PAN, tapi dukungan itu masih informal. Dukungan yang pasti harus melalui mekanisme partai dan itu baru terjadi akhir tahun 2008,” ujar Sutiyoso.

Sutiyoso juga menegaskan keinginannya untuk menjadi calon presiden (capres) dan ikut pada pemilihan Presiden tahun 2009 mendatang tetap akan menggunakan partai politik (parpol), sehingga perlu membangun interaksi dengan pimpinan partai politik itu. “Saya tetap siap berinteraksi dengan semua partai politik, karena prinsipnya semakin banyak akan baik dan menjamin terpenuhi syarat untuk pencalonan presiden itu,” katanya.

Mengenai kunjungannya ke daerah-daerah Sutiyoso mengatakan, itu sebagai upaya sosialisasi terlebih dulu karena merasa dirinya sebagai pemain baru. “Calon presiden lainnya adalah pemain lama, bahkan //incumbent// sehingga mereka sudah dikenal masyarakat. Saya menganggap diri saya masih pemain lokal yang harus disosialisasikan.”

“Partai Kedaulatan memiliki pandangan yang sangat jauh ke depan bagi proses rekrutmen kepemimpinan nasional, dan semua yang hadir disini tahu dengan pasti dan yakin bahwa kita semua membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki visi jelas soal pembangunan ekonomi, politik, sosial, budaya hingga pendidikan,” kata Ibrahim Basrah, Ketua Umum DPD Partai Kedaulatan itu pula.

Tentang tawaran untuk menjadi calon wakil presiden, Sutiyoso belum bisa memberikan keputusan. ”Untuk saat ini masih dipelajari karena melihat perkembangan siatuasi poltik yang berkembang nanti.”

Sementara itu Ketua Umum Partai Kedaulatan (PK) Ibrahim Basrah SH mengatkan Partai Kedaulatan mempunyai pandangan yang sangat jauh kedepan bagi rekrutmen kepemimpinan nasional. “Semua yang hadir disini tahu dengan pasti dan yakin bahwa kita membutuhkan pemimpin yang memiliki visi yang jelas soal pembangunan ekonomi, politik, sosial dan budaya hingga dunia pendidikan, yaitu Bapak Sutiyoso,” ujarnya. (Senin : 5/11/2007)

Tidak ada komentar: